Jamur Juga Punya Nama lo,,,

9 01 2009

Pernahkan anda terkena panu??? atau ketombe??? pasti sangat mengganggu sekali bila terkene salah satu dari itu, terutama mengganggu dalam penampilan..hehhe.. Tapi, tahukah anda apa yang menyebabkan panu atau ketombe itu??? mungkin sebagian dari anda sudah ada yang tahu, penyebabnya adalah jamur.

Panu. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah terkena penyakit yg satu ini. Biasanya bila terkene penyakit panu ini pasti diikuti dengan komplikasi lain yaitu “malu bila ada orang yg tahu”,,hehe. karena penyakit ini dianggap yang tidak keren sama sekali karena biasanya menghinggapi orang-orang yg kemproh. Tapi, tahukah anda nama jamur yg menyebabkannya??? Namanya sangat bagus sekali, bahkan mungkin lebih bagus dari nama anda…..jamur penyebab panu ini adalah Malassezia furfur. Bagus kan??? Padahal jamur penyebeb penyakit kok diberi nama bagus sekali. Ya itulah….karena yang menemukan orang luar negeri jadi di beri nama luar negeri (nama Latin). Coba kalau yang menemukan orang Jawa, mungkin bakal di beri nama Paijo, painem….hehe (bagi yang mempunyai nama ini jangan tersinggung ya…ini hanya perumpmaan saja). Jamur ini menyebebkan depigmentasi kulit (perubahan pigmen kulit), sehingga klit yg terkene umumnya warnanya agak berbeda dari kulit lainnya. Jamur ini dapat menular melalui kontk langsung dengan benda-benda yg terkontaminasi jamur ini. seperti penggunaan haduk secara bersamaan, pinjam-meminjam baju dll….

Ketombe. Penyakit yang satu ini juga penyebabnya jamur. namanya juga tidak kalah bagus dari jamur panu…namanya adalah Trichophyton mentagrophytes, Trichophyton rubrum, Microsporum canis. Jamur menyerang daerah yg berjanggut, kulit leher, mengenai folikel rambut sehingga rambut yg terkene menjadi rapuh dan mudah di cabut. Bila parah dapat menimbulkan lesi yang bernanah atau berdarah. jamur ketombe ini tumbuh saat kulit kepala dalam keadaan lembab.

Ada lagi jamur yang bernama Piedraria sp. jamur ini menyebebkan penyakit yg di sebut piedra. Piedra ini menyerang rambut di bagian mana saj. rambut di kepala, ketiak,rambut janggut,jenggot,kumis sampai rambut kemaluan pun di serangnya. jamur ini menyebabkan benjolan pada rambur, biasanya putih atau coklat. rambut yang terkene jamur ini biasanya rapuh dan mudah patah. Bagi yang punya janggut atau jenggot harap hati-hati ya…..jangan lupa dirawat dan di jaga kebersihannya.

Tuh, kan…..jamur ternyata punya nama yg bagus. selain yang telah saya sebutkan di atas, masih banyak nama jamur lain yang tak kalah bagusnya seperti candida albicans (penyebab keputihan), Aspergillus flavus (biasanya ditemukan pada roti), Actinomyces bovis,Sporotrichum schencii dll.. tapi tentu penyakit yg ditimbulkan tidaklah sebagus namanya.

jamur Malassezia fuurfur yang sudah dibiakkan dalam media

ttt Tricophyton mentagrophytes yang diamati dengan mikoroskop perbesaran 40 kali

Iklan

Aksi

Information

16 responses

9 01 2009
unting

aq wis tau kenek panu guatel rasane, efeke kulit dadi putih heheheh

9 01 2009
det

hayah jamur aja namanya keren gitu ya nal! (anal-isa) :mrgreen:

11 01 2009
SIge

Wow..jamur punya nama yang imut dan luthu yah..
Btw nice post, nambah wawasan tentang jamur..

14 01 2009
kocu

Kebetulan aku lagi cari2 nama buat anakku nih. Tapi kayanya ga mungkin ambil nama jamur kan??? Apa lagi jamur penyakit 😛 hehe

20 01 2009
nevi

liat liat aja trims mbak

7 02 2009
alief

aku wis kapok panunen….

25 12 2010
27

emg bgs2,krna bgusY nma jmur mpe nick name w pke nma jmur jg Zenzen Oryzae,,,,bgs jg kn.

8 01 2011
VITA

Makasih ya mbak,,
udh bantu cari tugas biologi

24 04 2011
AGUS

MAKASIH ATAS INFONYA YAH..!!!

10 02 2012
Anonim

makasihh….
jadi gampang ngerjaiin Prnya…..

20 09 2012
putri

thank you y mbak,
ngerjain pr ny jdin gampang

20 09 2012
rodiani

ada gk nama-nama jamur yang dapat menyebkan penyakit lgi kak.?
yang lebih banyak ?
coal nha kurang.hehehe

20 09 2012
Anonim

mw nanya panu ap y nama ilmiahnya,,,,yg tau ksh tauuu donkkkk

4 11 2012
Anonim

nama lain dari ketombe apaan cba ..

18 10 2015
Anonim

Thank you udah bantuin ngerjain prnya kalau masih ada lagi kasih tau ya

18 10 2015
Putri dwi amanda

Thank you banget udah bantuin ngerjain prnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: